Minggu, 27 Februari 2011

MERENCANAKAN BISNIS DI KALANGAN MAHASISWA


MERENCANAKAN BISNIS DI KALANGAN MAHASISWA
Bisnis adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan orang lain. Banyak kegiatan di luar kampus yang dapat dilakukan mahasiswa di waktu luang. Salah satu memanfaatkan ide yang muncul, kreatifitas usaha, melihat pangsa pasar dan siap untuk bersaing. Bisnis bagi mahasiswa selain mengahsilkan pendapatan juga mendapatkan ilmu langsung bagaimana permintaan dan penawaran yang akan terjadi. seseorang yang akan berminat menciptakan bisnis apabila mereka mengharapkan imbalan atas usahanya. Imbalan dari memiliki perusahaan dalam berbagai bentuk. Sebagian orang termotivasi oleh kesempatan mendapatkan penghasilan besar. Beberapa orang menginginkan supaya bisa menjadi atasan bagi mereka sendiri dari pada bekerja pada orang lain. Suatu bisnis dapat berjalan dengan baik jika :
1.       Ide bisnis yang diajalankan berbeda mempunyai kelebihan tersendiri
2.       Adanya motivasi diri sendiri untuk memajukan suatu bisnis
3.       Selalu ada inovasi dalam produk yang di jual
4.       System management yang baik
5.       Tidak mudah putus asa dalam menjalankan bisnis tersebut.
Contoh bisnis yang saya ingin contohkan adalah bisnis PULSA ELEKTRIK. Pada tahun 2008 secara tidak sengaja hanya sekedar ikut-ikutan berbisnis pulsa. 1-2 bulan saya rasakan memang bisnis pulsa tersebut hanya memberikan keuntungan yang sedikit. Berbagai inovasi saya lakukan, dari mulai pembaharuan spanduk dan memberikan harga yang berbeda pada setiap operator. Namun, langkah tersebut sepertinya tidak terlalu saya rasakan kemajuannya. Akan tetapi, dengan berjalannya waktu inovasi baru pun muncul dalam pikiran saya. Motivasi tersebut adalah kemudahan dan kecepatan dalam mengakses pulsa. Dahulu saya membeli modal saldo di sebuah counter tetapi sekarang saya membeli saldo tersebut dengan mentransfer langsung via Bank. Dan system pengiriman pulsa juga tidak melalui SMS namun via internet, karena menurut saya pengaruh teknologi dalam menciptakan suatu bisnis sangat diperlukan dan teknologi pun memberikan banyak kontribusi besar dalam keberhasilan bisnis. Dengan pengiriman via internet yaitu yahoo messanger pulsa cepat sampai di ponsel pelanggan dibandingan internet. Pembelian saldo pulsa pun tidak terlalu rumit sangat memudahkan saya jika saya berada di luar rumah. Setelah 5 bulan pembaharuan yang saya jalankan bisnis saya pun mengalami kemajuan yang drastis. Pada akhir tahun 2008 dengan modal sebesar Rp.200.000 keuntungan yang saya dapatkan Rp 1.000.000 padahal pada 5bulan bisnis saya berjalan hanya memberikan keuntungan Rp 300.000 dan setelah ada pembaharuan teknologi selama 7 bulan saya mendapatkan Rp 700.000 jauh lebih banyak di bandingkan sebelum adanya inovasi teknologi yang saya lakukan. Bisnis saya pun berjalan, pada awal tahun 2009 saya menjual juga pulsa elektrik untuk pembayaran listrik yang menggunakan pulsa dan pulsa untuk modem internet. Dan pada akhirnya bisnis saya pada akhir tahun 2009 membuahkan hasil yaitu keuntungan yang saya dapatkan dapat saya alokasikan untuk membeli ponsel Blackberry. Dengan sisa modal Rp 500.000. sungguh bisnis yang saya tidak duga sebelumnya akan mendapatkan hasil yang demikian besar bagi saya.
Oleh karena itu dengan kreatifitas yang ada, adanya kemauan dari diri dan selalu menciptakan inovasi dalam berbisnis saya yakin semua mahasiswa pasti bisa menjalani suatu bisnis apa pun baik kecil maupun besar.

Karya   : SRI PRIHATIN
Tema : Inovasi Berbisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar