Selasa, 17 Mei 2011

TANGGUNG JAWAB KEPADA PELANGGAN


TANGGUNG JAWAB KEPADA PELANGGAN
Tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan jauh lebih luas daripada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan dalam hal ini mempunyai tanggung jawab penuh ketika memproduksi dan menjual produknya.
Praktik tanggung jawab produksi kepada pelanggan dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan yang seharusnya dtempelkan pada produk untuk melindungi terhadap adanya kecelakaan yang dapat timbul karena kesalahan dalam penggunaan. Untuk itu beberapa produk seharusnya dicantumkan efek samping dari produk yag diproduksi oleh perusahaan.
Praktik tanggung jawab penjualan adalah perusahaan perlu petunjuk yang membuat karyawan tidak berani menggunkan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertasi yang menyesatkan. Sebaiknya karyawan juga memakai survei kepuasan pelanggan untuk menyakinkan bahwa pelanggan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan bagian penjualan. Survei harus dilakukan setelah dilakukannya pelanggan membeli dan memutuskan apakah produknya sudah sesuai dengan yang dikatakan oleh karyawan bagian penjualan.
Agar perusahaan dapat menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggannya menurut saya ada beberapa cara :
1.       Adanya kritik saran terhadap produk jasa atau barang yang perusahaan produksi. Perusahaan sebaiknya mencatat telepon pelanggan yang dapat dihubungi agar apabila pelanggan mempunyai keluhan mengenai kualitas produksi perusahaan dapat langsung menanggapi keluhan konsumen tersebut.
2.       Ciptakan kode etik. Perusahaan dapat menciptakan kode etik bisnis yang memberikan serangkaian petunjuk untuk kualitas produksi sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan, dan pemilik seharusnya dipelihara.
3.       Umpan balik pelanggan. Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik atas barang atau jasa yang mereka beli, walaupun pelanggan tidak menghubungi untuk memberikan keluhan.
Menurut saya dengan cara tersebut perusahaan daapat mengetahui kinerja produksi perusahaan.

NAMA : SRI PRIHATIN 

NPM : 20209433

Tidak ada komentar:

Posting Komentar